Tips Pindahan : Cara Memindah Kulkas Dengan Benar

Tips Pindahan Jasapindah.id

Mengulas tips pindahan saat memindahkan kulkas dari Jasapindah.id

tips pindahan kulkas

Tips kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara yang benar dalam memindahkan kulkas. Kelihatannya cukup sepele bukan? Tapi tahukah Anda, ternyata kesalahan dalam memindahkan kulkas dapat merusak komponen yang ada di dalamnya. Anda akan terbantu jika kulkas Anda memiliki empat poros roda sehingga mudah untuk dipindahkan dengan cukup menggeser dan mendorongnya. Namun jika tidak, Anda perlu lebih berhati-hati saat memindahkannya. Berikut sedikit tips memindahkan kulkas dari Jasapindah.id.

Hal yang dilakukan sebelum memindahkan kulkas :

  1. Cairkan bunga es
    Putarlah panel kulkas ke mode defrost. Banyak kita temui endapan air yang membeku di dalam freezer seperti bunga es. Pada kondisi normal, proses ini akan berlangsung sekitar 6-8 jam. Sebaiknya Anda lakukan saat malam hari, sehingga pagi hari tinggal membuang airnya dan mengeringkannya.
  2. Kosongkan kulkas
    Setelah bunga es mencair, keluarkan semua makanan dan minuman yang ada di dalam kulkas. Pilihlah makanan yang masih baik dan sisihkan atau buanglah yang sudah layu. Kemas dalam kantong plastik atau box.
  3. Lepaskan rak-rak di dalamnya
    Ada baiknya semua rak, kompartemen dan nampan di dalam kulkas dilepas sementara. Kemudian, bungkus masing-masing dengan kain atau kertas untuk kemudian dipasang kembali setelah proses pemindahan selesai.
  4. Cabut sambungan listrik
    Cabut sambungan listrik dan diamkan terlebih dahulu beberapa jam untuk kemudian dibersihkan. Lap dan bersihkan secara perlahan setiap sudut dengan kain yang halus.

Proses Pemindahan Kulkas

Hal yang perlu diperhatikan saat memindahkan kulkas :

  1. Packing
    Bila perlu, tutuplah kulkas dengan dengan kain yang lembut atau karton. Hal ini dapat mengurangi resiko lecet akibat benturan saat dipindahkan.
  2. Angkut dengan posisi berdiri
    Secara perlahan-lahan, angkut kulkas dalam posisi berdiri, jangan ditidurkan. Di dalam kulkas, ada komponen elektronik penting yang bernama compresor. Posisi salah saat mengangkut aklan menyebabkan kebocoran minyak pada compresor.
  3. Gunakan alat bantu
    Mintalah bantuan keluarga atau teman untuk mengangkut kulkas. Untuk memudahkan proses pemindahan, gunakan alat bantu berupa hand truck, dolly straps atau lifting straps.
  4. Perhatikan posisi penempatan kulkas
    Perhatikan dalam memposisikan kulkas setelah pindahan. Usahakan untuk jangan langsung menyalaka kulkas, biarkan beberapa jam setelah pindahan, idealnya 2-3 jam.  Jangan meletakan kulkas berdempetan dengan tembok atau benda lain di belakang dan kanan kiri body kulkas, beri jarak beberapa cm, ingat dalam body kulkas terdapat pipa kondensor/pembuang panas (coba pegang body kulkas pasti terasa hangat/panas).
  5. Pasang kembali rak-rak di dalamnya
    Setelah pindahan selesai, pasang kembali rak, kompartemen dan nampan yang sebelumnya dilepaskan sementara. Jika sudah colokkan sambungan listrik untuk menyalakan kulkas.

Itulah tips dari Jasapindah.id untuk memindahkan kulkas saat pindahan.

Write a Reply or Comment