Tips Mengangkat Barang Pindahan Yang Baik dan Benar

Tips mengangkat barang pindahan

Tips Mengangkat Barang Pindahan Tanpa Resiko Cidera Punggung

tips mengangkat barang pindahan - Jasapindah.id

Apakah kamu akan berencana untuk melakukan pindahan rumah dalam jangka waktu dekat ini? Jika iya, artinya kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan terencana. Stamina harus selalu terjaga dan pastikan badan dalam kondisi yang fit. Jangan lupa juga cukupkan waktu untuk beristirahat karena badan cenderung rawan kelelahan akibat aktivitas pindahan yang akan kamu lakukan.

Sebelumnya, Jasapindah.id sudah pernah membuat artikel tentang Tips Mengangkat Barang Pindahan. Bagi kamu yang belum membacanya, bisa dilihat kembali disini yaaa.. Kenapa hal ini kembali diangkat menjadi topik bahasan oleh Jasapindah.id? Alasannya adalah karena faktor keamanan dan keselamatan merupakan hal yang sangat penting. Kami selalu ingin memastikan bagi kamu yang memutuskan untuk melakukan proses pindahan tanpa bantuan jasa pindah, agar dapat menangani proses pindahan dengan aman.

Proses pindahan akan sangat melelahkan dan cukup menguras tenaga. Terlebih lagi jika barang-barang dan property yang ada di dalam rumah kamu tergolong cukup banyak. Setiap barang harus dikemas dengan baik dan benar agar tidak mengalami kerusakan saat proses pindahan. Gunakan selalu material atau bahan yang tepat untuk mengepak barang sesuai dengan kategorinya. Siapkan material packing seperti plastik wrap, bubble wrap, kardus, sterofoam, kayu untuk packing barang berharaga, dsb.

Tidak hanya pengepakan yang perlu diperhatikan, cara penanganan dan pemindahan barang juga harus diperhatikan dengan baik. Cara penanganan yang salah dapat mengakibatkan resiko cidera pada otot ataupun punggung kamu. Berikut ini tips mengangkat barang pindahan yang baik dan benar tanpa resiko cidera.

Resiko Cidera Akibat Cara Angkat Barang Yang Salah

Banyak orang mengabaikan tentang prosedur yang benar ketika mengangkat barang. Terutama bagi barang-barang yang memiliki beban  cukup berat. Kesalahan dalam mengangkat barang ini dapat menimbulkan resiko cidera pada otot atau punggung. Salah satu kasus yang mungkin sering terjadi adalah saraf terjepit. Cidera punggung sebenarnya dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Hal ini tidak boleh disepelekan begitu saja karena butuh waktu yang cukup lama untuk penyembuhannya. Salah satu faktor yang dapat menimbulkan resiko ini adalah kesalahan dalam teknik mengangkat suatu benda dan juga penggunaan yang berlebihan.

Sebenarnya ada teknik atau cara tersendiri dalam mengangkat barang yang baik dan benar. Dengan menggunakan teknik atau cara mengangkat barang yang baik dan benar diikuti dengan latihan penguluran dan juga penguatan, resiko cidera punggung ini dapat dihindari. Mencegah dan menghindari resiko yang ditimbulkan merupakan cara yang tepat untuk dilakukan.

3 Tips Saat Mengangkat Barang Pindahan

Sumber Foto : https://info.illinoisbackpain.com/back-pain-tip-lift-the-right-way

Berikut ini tips yang dapat kamu praktekkan saat mengangkat barang ketika melakukan pindahan.

  1. Ambil sesuatu dengan berlutut
    Saran pertama adalah saat akan mengamnil sesuatu, usahakan dalam posisi berlutut dan jangan membungkuk. Hindari membungkuk setinggi pinggang pada saat akan mengambil barang. Hal ini dapat menimbulkan ketegangan pada punggung dan berpotensi menimbulkan cidera pada punggung.

    Sumber Gambar : Wikihow
  2. Teknik mengangkat benda
    Ada beberapa teknik yang dapat digunakan saat mengangkat benda. Cara ini dapat melindungi punggung dan bisa menghindarkan punggung dari resiko cidera. Usahakan menggunakan teknik ini saat mengangkat barang, yaitu dengan cara pengangkatan secara diagonal. Caranya adalah dengan memisahkan kaki, satu kaki posisinya sedikit kedepan dari kaki yang lain.
    Cara ini memberikan basis penyangga yang cukup lebar, lebih stabil, lebih bertenaga dan juga lebih kuat. Tekuklah lutut dan berjongkok, jaga punggung agar tetap lurus dan pastikan kepala juga lurus saat mengangkat barang. Posisi ini mampu memberikan kekuatan lebih pada otot-otot tungkai dan dapat menjaga keseimbangan pada punggung.

    Sumber Gambar : Wikihow
  3. Teknik membawa benda
    Saat membawa benda, pastikan benda tersebut selalu menempel pada tubuh. Semakin jauh benda tersebut dari tubuh, akan semakin beresiko bagi punggung. Hindari menyentakkan barang ketika mengangkat dan jangan memutar atau menyamping. Hal ini dapat menyebabkan adanya tekanan lebih pada punggung. Terutama jika mengangkat secara terus-menerus, dapat berpotensi menyebabkan cidera yang serius. Usahakan ketika membawa suatu benda, postur tubuh berdiri tegak. Jangan terlalu membungkuk saat berjalan.  Ketika membawa dengan jarak yang jauh, bawalah benda tersebut dengan menggunakan bahu.

    Sumber Gambar : hima-k3.ppns.ac.id/cara-mengangkat-beban-dengan-tepat-dan-benar

5 Tips Posisi dan Sikap Tubuh Yang Benar

Punggung merupakan bagian dari tubuh yang perlu dijaga dan sebisa mungkin hindarkan dari resiko cidera. Berikut ini tips posisi atau sikap tubuh yang benar demi kebaikan punggung kamu.

  1. Posisi berdiri
    Istirahatkan salah satu kaki secara bergantian jika keadaan mengharuskan untuk berdiri lama. Letakkan salah satu kaki di atas sesuatu yang letaknya sedikit lebih tinggi dari kaki yang lain. Hindari membungkuk atau miring kesamping jika harus bekerja sambil berdiri. Bagi wanita, hindari menggunakan sepatu hal tinggi.
  2. Posisi duduk
    Pilihlah kursi yang dapat mendukung punggung pada posisi yang benar dan nyaman. Sesuaikan posisi kursi agar kaki dapat menapak di lantai. Kosongkan saku celana belakang saat duduk karena dapat membuat nyeri pinggang yang diakibatkan oleh adanya tekanan terhadap otot pantat secara terus menerus dan tekanan yang lebih besar ketika duduk.
  3. Pemilihan tempat tidur
    Tidurlah di kasur yang sedikit agak keras atau kasur dengan kekuatan pegas yang masih baik. Kasur yang terlalu empuk dapat membuat punggung dalam posisi melengkung dan menimbulkan rasa tidak nyaman saat bangun tidur. Jika tidur miring usahakan merapatkan lutut satu sama lain dan jika telentang letakkan bantal dibawah lutut.
  4. Bangun tidur
    Jika tidur posisi telentang, jangan langsung bangun. Miringkan dahulu tubuh lalu bangun dengan cara mengangkat badan menyamping sehingga posisi menjadi duduk di atas kasur. Setelah itu pijakkan kaki anda kelantai untuk bangkit dari tempat tidur. Langkah ini membuat otot-otot terhindar dari efek kejut dan kaku atau kram.
  5. Olahraga teratur
    Berenang, bersepeda dan jalan santai adalah olahraga yang sangat dianjurkan bagi penderita cedera punggung. Karena dalam olah raga tersebut tidak memberikan tekanan yang berlebihan pada punggung.

Itulah tips yang dapat kamu praktekkan agar terhindar dari resiko cidera punggung saat mengangkat barang pindahan. Jangan memaksakan badan yaaa.. Angkatlah beban barang sesuai dengan kemampuan. Jika barang terlalu berat, mintalah bantuan anggota keluarga lain, kerabat atau sahabat.

Gunakan Jasa Pindahan Jasapindah.id

Jangan pernah ragu untuk menggunakan jasa pindahan jika memang diperlukan. Jasa pindahan memiliki team yang sudah sangat terlatih dan berpengalaman menangani pindahan. Langkah ini membuat pindahan kamu menjadi lebih praktis dan simpel. Selain itu, kamu akan bebas dari berbagai aktivitas pindahan yang melelahkan dan menguras waktu, tenaga dan pikiran. Team profesional kami siap menangani pindahan kamu dengan profesional. Silakan hubungi kami jika membutuhkan informasi mengenai jasapindah.id.

Kantor Jasapindah.id 
Surabaya (Head Office) :
Jalan Raya Waru KM 15,
Aloha, Gedangan – Sidoarjo
Telp. 031 – 8533130
Whatsapp : 0811-347-8181
Email : [email protected].id

Jakarta :
Pergudangan Zoodia Business Park Unit No.19.
Jl. Husein Sastranegara No.1 Rawa Bokor,
Cengkareng, Tangerang, Banten
Telp. / Whatsapp : 0811-3131-300
Email : [email protected]

Semarang :
Ruko B Ngaliyan Baru,
Jl. Prof. Hamka 110 Semarang
Telp. 024 – 7617353 / 082 336 568 510
Email : [email protected]

Write a Reply or Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat