Menghitung Biaya Pindahan

menghitung biaya pindahMelakukan proses pindahan baik itu rumah, apartemen maupun kantor memerlukan manajemen yang baik. Beberapa hal aspek yang perlu diperhatikan antara lain waktu dan biaya pindahan. di dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara menghitung biaya pindah.

Perhitungan biaya pindah diperlukan, terutama bagi anda yang akan melakukan pengerjaan proses pindahan sendiri, agar kita dapat memperkirakan biaya pindahan yang akan dikeluarkan. Sebelumnya kita harus mengetahui lebih detail, beberapa pekerjaan yang akan dilakukan pada saat melakukan pindahan. Pekerjaan tersebut antara lain:

  • Packing
  • Memindahkan barang
  • Penataan kembali barang

Dari pekerjaan yang akan kita lakukan tersebut, kita bisa menghitung biaya pindahan yang harus dikeluarkan. Ada beberapa aspek yang diperlukan dalam menghitung biaya pindah antara lain:

  1. Jumlah Tenaga Kerja
    Tenaga kerja ini berkaitan dengan siapa yang akan melakukan pekerjaan pindahan. Pekerjaan pindahan tersebut seperti yang disampaikan di atas harus di detailkan. Misalnya menghitung berapa tenaga kerja yang dibutuhkan pada saat packing, berapa jumlah orang yang dibutuhkan pada saat memindahkan barang, jika menggunakan kendaraan maka yang dihitung adalah berapa jumlah orang yang dibutuhkan untuk menaik turunkan barang pindahan ke dalam kendaraan. Selain itu juga harus dihitung jumlah orang yang dibutuhkan untuk melakukan penataan kembali barang pindahan di tempat tujuan. Dari Jumlah orang tersebut, akan diperhitungkan biaya tenaga kerja dengan perhitungan pekerjaan harian. Selain itu juga harus dipertimbangkan lama pengerjaan serta biaya-biaya lain seperti konsumsi yang harus disediakan.
  2. Bahan Packing
    Bahan packing ini biasanya berupa kardus, bubble pack ataupun box plastik. Perhitungan berdasarkan total barang yang kita miliki dan apa saja yang akan dipacking. Harga bahan packing ini juga tergantung dari kualitas dan jumlah bahan packing yang akan dibeli
  3. Apakah dibutuhkan kendaraan
    Aspek lain yang dperlukan adalah mengenai aspek pemindahan barang. Jika pemindahan barang berada di lokasi yang dekat dengan tempat asal anda, misalnya saja pindahan dari suatu lantai apartemen ke lantai di gedung apartemen yang saman, maka kebutuhan akan kendaraan tidak diperlukan. Akan tetapi kendaraan diperlukan jika harus melakukan pindahan dengan jarak yang jauh. Biaya kendaraan akan tergantung dengan moda transportasi dan jenis transportasi yang dipakai serta jarak yang ditempuh.
  4. Waktu yang diperlukan
    Komponen waktu juga menjadi aspek penting. Semakin lama proses pindahan maka semakin banyak biaya yang dikeluarkan.

Dari keempat aspek ini, kita harus bisa memperhitungkan biayanya sedetail mungkina, agar perkiraan biaya pindahan dapat anda peroleh dengan tepat.

Write a Reply or Comment